Manfaat Geografi yang Jarang Diketahui yang Akan Mengubah Pandangan Anda


Manfaat Geografi yang Jarang Diketahui yang Akan Mengubah Pandangan Anda

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi, penduduknya, dan fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya. Ilmu geografi memiliki banyak manfaat, antara lain:

Ilmu geografi membantu kita memahami dunia di sekitar kita. Dengan mempelajari geografi, kita dapat mengetahui tentang berbagai macam tempat, budaya, dan lingkungan hidup. Pengetahuan ini dapat membantu kita menjadi warga negara yang lebih baik dan memahami masalah-masalah global.

Ilmu geografi juga membantu kita mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dengan mempelajari geografi, kita belajar bagaimana menganalisis data, membuat peta, dan memahami hubungan antara manusia dan lingkungannya. Keterampilan ini dapat berguna dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bisnis, pendidikan, dan pemerintahan.

Selain itu, ilmu geografi juga dapat membantu kita menghargai keindahan dan keragaman dunia. Dengan mempelajari geografi, kita dapat mengetahui tentang berbagai macam lanskap, iklim, dan budaya. Pengetahuan ini dapat membantu kita menjadi lebih menghargai lingkungan kita dan mengambil tindakan untuk melindunginya.

Manfaat Ilmu Geografi

Ilmu geografi memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Pemahaman dunia
  • Keterampilan berpikir kritis
  • Pemecahan masalah
  • Apresiasi keindahan bumi
  • Pelestarian lingkungan
  • Perencanaan pembangunan
  • Penanggulangan bencana
  • Promosi pariwisata
  • Pengembangan ekonomi

Manfaat-manfaat ini saling terkait dan sangat penting untuk kemajuan manusia. Misalnya, pemahaman dunia melalui geografi memungkinkan kita untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, yang pada gilirannya membantu kita melestarikan lingkungan dan merencanakan pembangunan secara berkelanjutan. Selain itu, pengetahuan geografi juga penting untuk penanggulangan bencana, promosi pariwisata, dan pengembangan ekonomi.

Pemahaman dunia

Pemahaman dunia merupakan salah satu manfaat utama ilmu geografi. Dengan mempelajari geografi, kita dapat mengetahui tentang berbagai macam tempat, budaya, dan lingkungan hidup. Pengetahuan ini penting untuk beberapa alasan.

  • Membuat keputusan yang lebih baik: Dengan memahami dunia di sekitar kita, kita dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang kehidupan kita sendiri dan tentang masyarakat kita. Misalnya, jika kita tahu tentang risiko bencana alam di suatu daerah, kita dapat memutuskan untuk tidak tinggal di sana. Atau, jika kita tahu tentang sumber daya alam yang tersedia di suatu daerah, kita dapat memutuskan untuk berinvestasi di sana.
  • Menjadi warga negara yang lebih baik: Pemahaman dunia dapat membantu kita menjadi warga negara yang lebih baik. Dengan mengetahui tentang budaya dan perspektif yang berbeda, kita dapat menjadi lebih toleran dan pengertian terhadap orang lain. Kita juga dapat berpartisipasi lebih efektif dalam proses politik dengan memahami isu-isu global.
  • Menghargai keindahan dan keragaman bumi: Ilmu geografi dapat membantu kita menghargai keindahan dan keragaman bumi. Dengan mempelajari tentang berbagai macam lanskap, iklim, dan budaya, kita dapat memperoleh apresiasi yang lebih besar terhadap planet kita dan tempat kita di dalamnya.
  • Melindungi lingkungan: Pemahaman dunia dapat membantu kita melindungi lingkungan. Dengan mengetahui tentang masalah-masalah lingkungan, kita dapat mengambil tindakan untuk mengurangi dampak negatif kita terhadap planet ini. Misalnya, jika kita mengetahui tentang polusi udara di suatu daerah, kita dapat memutuskan untuk mengurangi emisi kita sendiri.

Pemahaman dunia melalui ilmu geografi sangat penting untuk kemajuan manusia. Dengan memahami dunia di sekitar kita, kita dapat membuat keputusan yang lebih baik, menjadi warga negara yang lebih baik, menghargai keindahan dan keragaman bumi, dan melindungi lingkungan.

Keterampilan berpikir kritis

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu manfaat utama mempelajari ilmu geografi. Keterampilan ini penting karena memungkinkan kita untuk menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan membuat keputusan yang tepat.

Dalam konteks geografi, keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk memahami hubungan antara manusia dan lingkungan. Misalnya, kita perlu berpikir kritis untuk memahami bagaimana aktivitas manusia memengaruhi perubahan iklim, atau bagaimana bencana alam memengaruhi masyarakat. Kita juga perlu berpikir kritis untuk mengevaluasi informasi tentang masalah-masalah lingkungan, seperti polusi atau konservasi.

Selain itu, keterampilan berpikir kritis juga penting untuk perencanaan pembangunan. Kita perlu berpikir kritis untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan mengembangkan rencana yang berkelanjutan. Kita juga perlu berpikir kritis untuk mengevaluasi dampak potensial dari rencana pembangunan terhadap lingkungan dan masyarakat.

Secara keseluruhan, keterampilan berpikir kritis merupakan komponen penting dari ilmu geografi. Keterampilan ini memungkinkan kita untuk memahami dunia di sekitar kita, membuat keputusan yang tepat, dan merencanakan masa depan yang berkelanjutan.

Pemecahan masalah

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu manfaat utama mempelajari ilmu geografi. Kemampuan ini penting karena memungkinkan kita untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis penyebabnya, dan mengembangkan solusi.

Dalam konteks geografi, kemampuan pemecahan masalah sangat penting untuk memahami dan mengatasi masalah-masalah lingkungan. Misalnya, kita perlu kemampuan pemecahan masalah untuk mengidentifikasi sumber polusi dan mengembangkan solusi untuk menguranginya. Kita juga perlu kemampuan pemecahan masalah untuk merencanakan pembangunan berkelanjutan yang meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Selain itu, kemampuan pemecahan masalah juga penting untuk perencanaan pembangunan. Kita perlu kemampuan pemecahan masalah untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan mengembangkan rencana yang layak secara ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kita juga perlu kemampuan pemecahan masalah untuk mengatasi tantangan yang muncul selama proses pembangunan.

Secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah merupakan komponen penting dari ilmu geografi. Kemampuan ini memungkinkan kita untuk memahami dunia di sekitar kita, mengidentifikasi masalah, dan mengembangkan solusi yang berkelanjutan.

Apresiasi keindahan bumi

Apresiasi keindahan bumi merupakan salah satu manfaat penting mempelajari ilmu geografi. Apresiasi ini dapat mengarah pada pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya konservasi dan pelestarian lingkungan. Ketika kita menghargai keindahan bumi, kita lebih cenderung ingin melindunginya.

Selain itu, apresiasi keindahan bumi juga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita. Berada di alam telah terbukti mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Apresiasi keindahan bumi juga dapat menginspirasi kreativitas dan inovasi.

Sebagai contoh, seorang fotografer yang menghargai keindahan alam mungkin terinspirasi untuk mengambil foto-foto menakjubkan yang meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan. Seorang arsitek yang menghargai keindahan alam mungkin terinspirasi untuk merancang bangunan yang selaras dengan lingkungan.

Secara keseluruhan, apresiasi keindahan bumi merupakan komponen penting dari ilmu geografi. Apresiasi ini dapat mengarah pada pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya konservasi dan pelestarian lingkungan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita, dan menginspirasi kreativitas dan inovasi.

Pelestarian lingkungan

Pelestarian lingkungan merupakan salah satu manfaat penting dari ilmu geografi. Ilmu geografi mengajarkan kita tentang hubungan antara manusia dan lingkungan, serta dampak aktivitas manusia terhadap planet ini. Pengetahuan ini penting untuk melestarikan lingkungan dan memastikan keberlanjutannya untuk generasi mendatang.

Salah satu cara ilmu geografi berkontribusi pada pelestarian lingkungan adalah dengan meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan. Dengan mempelajari tentang masalah-masalah seperti polusi, perubahan iklim, dan deforestasi, kita dapat lebih memahami dampaknya terhadap planet ini dan mengambil tindakan untuk mengatasinya. Misalnya, jika kita tahu tentang dampak negatif polusi udara terhadap kesehatan manusia, kita dapat mengambil tindakan untuk mengurangi emisi kita sendiri.

Selain itu, ilmu geografi juga menyediakan alat dan teknik untuk melestarikan lingkungan. Misalnya, kita dapat menggunakan peta dan data geografis lainnya untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang rentan terhadap bencana alam, seperti banjir atau tanah longsor. Informasi ini dapat digunakan untuk merencanakan pembangunan secara berkelanjutan dan mengurangi risiko bencana.

Secara keseluruhan, ilmu geografi memainkan peran penting dalam pelestarian lingkungan. Ilmu geografi mengajarkan kita tentang hubungan antara manusia dan lingkungan, serta dampak aktivitas manusia terhadap planet ini. Pengetahuan dan alat yang disediakan oleh ilmu geografi dapat membantu kita melestarikan lingkungan dan memastikan keberlanjutannya untuk generasi mendatang.

Perencanaan pembangunan

Perencanaan pembangunan merupakan salah satu manfaat penting dari ilmu geografi. Ilmu geografi menyediakan data dan informasi yang sangat penting untuk perencanaan pembangunan yang berkelanjutan. Data dan informasi tersebut meliputi:

  • Data kependudukan
  • Data ekonomi
  • Data sumber daya alam
  • Data lingkungan hidup

Data dan informasi tersebut dapat digunakan untuk merencanakan pembangunan yang memenuhi kebutuhan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Misalnya, data kependudukan dapat digunakan untuk merencanakan penyediaan perumahan, pendidikan, dan layanan kesehatan. Data ekonomi dapat digunakan untuk merencanakan pengembangan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Data sumber daya alam dapat digunakan untuk merencanakan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan. Data lingkungan hidup dapat digunakan untuk merencanakan pembangunan yang ramah lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Perencanaan pembangunan yang baik sangat penting untuk kemajuan suatu negara atau daerah. Perencanaan pembangunan yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan, dan melindungi lingkungan hidup. Oleh karena itu, ilmu geografi sangat penting untuk perencanaan pembangunan yang berkelanjutan.

Penanggulangan bencana

Ilmu geografi memiliki peran penting dalam penanggulangan bencana. Bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan tanah longsor dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi manusia dan lingkungan. Ilmu geografi dapat membantu kita memahami risiko bencana dan mengembangkan strategi untuk menguranginya.

  • Pemetaan daerah rawan bencana
    Ilmu geografi dapat digunakan untuk memetakan daerah-daerah yang rawan bencana. Peta-peta ini dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan dan penentuan lokasi tempat tinggal yang aman. Misalnya, peta daerah rawan banjir dapat digunakan untuk menentukan lokasi pembangunan rumah dan gedung yang aman dari banjir.
  • Pemantauan bencana
    Ilmu geografi juga dapat digunakan untuk memantau bencana. Satelit dan sensor jarak jauh dapat digunakan untuk memantau pergerakan tanah, perubahan permukaan air, dan aktivitas gunung berapi. Informasi ini dapat digunakan untuk memberikan peringatan dini kepada masyarakat dan membantu mereka mempersiapkan diri terhadap bencana.
  • Penilaian dampak bencana
    Ilmu geografi dapat digunakan untuk menilai dampak bencana. Data dan informasi geografis dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah yang terkena dampak bencana dan menilai kerusakan yang terjadi. Informasi ini dapat digunakan untuk merencanakan upaya pemulihan dan bantuan.
  • Mitigasi bencana
    Ilmu geografi dapat digunakan untuk memitigasi bencana. Data dan informasi geografis dapat digunakan untuk mengembangkan rencana mitigasi bencana. Rencana-rencana ini dapat mencakup tindakan-tindakan seperti pembangunan infrastruktur yang tahan bencana, penerapan tata guna lahan yang baik, dan pendidikan masyarakat tentang risiko bencana.

Penanggulangan bencana merupakan salah satu manfaat penting dari ilmu geografi. Dengan memahami risiko bencana dan mengembangkan strategi untuk menguranginya, kita dapat mengurangi dampak bencana dan melindungi keselamatan manusia dan lingkungan.

Promosi pariwisata

Promosi pariwisata merupakan salah satu manfaat penting dari ilmu geografi. Ilmu geografi dapat menyediakan informasi tentang tempat-tempat menarik, budaya, dan lingkungan hidup suatu daerah. Informasi ini dapat digunakan untuk mempromosikan pariwisata dan menarik wisatawan.

  • Peta dan data geografis
    Peta dan data geografis dapat digunakan untuk membuat materi promosi pariwisata yang menarik. Misalnya, peta dapat digunakan untuk menunjukkan lokasi tempat-tempat menarik, sedangkan data geografis dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang iklim, budaya, dan ekonomi suatu daerah.
  • Pengembangan produk wisata
    Ilmu geografi dapat digunakan untuk mengembangkan produk wisata yang unik dan menarik. Misalnya, ilmu geografi dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang memiliki potensi wisata alam, budaya, atau sejarah.
  • Penelitian pasar
    Ilmu geografi dapat digunakan untuk melakukan penelitian pasar untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan wisatawan. Informasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi promosi yang efektif.
  • Manajemen pariwisata
    Ilmu geografi dapat digunakan untuk mengelola pariwisata secara berkelanjutan. Misalnya, ilmu geografi dapat digunakan untuk menilai dampak pariwisata terhadap lingkungan dan mengembangkan strategi untuk mengurangi dampak tersebut.

Promosi pariwisata merupakan salah satu manfaat penting dari ilmu geografi. Dengan menyediakan informasi tentang tempat-tempat menarik, budaya, dan lingkungan hidup suatu daerah, ilmu geografi dapat membantu mempromosikan pariwisata dan menarik wisatawan. Selain itu, ilmu geografi juga dapat digunakan untuk mengembangkan produk wisata yang unik dan menarik, melakukan penelitian pasar, dan mengelola pariwisata secara berkelanjutan.

Pengembangan ekonomi

Pengembangan ekonomi merupakan salah satu manfaat penting dari ilmu geografi. Ilmu geografi menyediakan data dan informasi yang sangat penting untuk pengembangan ekonomi, seperti:

  • Sumber daya alam
    Ilmu geografi dapat membantu mengidentifikasi dan mengelola sumber daya alam suatu daerah. Informasi ini penting untuk pengembangan ekonomi, karena sumber daya alam merupakan bahan baku penting untuk berbagai industri.
  • Transportasi dan infrastruktur
    Ilmu geografi dapat membantu merencanakan dan mengembangkan sistem transportasi dan infrastruktur suatu daerah. Infrastruktur yang baik sangat penting untuk pengembangan ekonomi, karena memudahkan pergerakan barang dan jasa.
  • Pertanian dan kehutanan
    Ilmu geografi dapat membantu mengidentifikasi lahan yang cocok untuk pertanian dan kehutanan. Informasi ini penting untuk pengembangan ekonomi, karena pertanian dan kehutanan merupakan sektor ekonomi penting di banyak negara.
  • Pariwisata
    Ilmu geografi dapat membantu mempromosikan pariwisata suatu daerah. Pariwisata dapat menjadi sumber pendapatan penting bagi suatu daerah, dan ilmu geografi dapat membantu mengidentifikasi tempat-tempat menarik dan mengembangkan produk wisata.

Pengembangan ekonomi merupakan salah satu manfaat penting dari ilmu geografi. Dengan menyediakan data dan informasi yang sangat penting untuk pengembangan ekonomi, ilmu geografi dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Ilmu geografi memiliki banyak manfaat, yang didukung oleh bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu bukti ilmiah adalah penelitian yang dilakukan oleh National Geographic Society pada tahun 2015. Penelitian ini menemukan bahwa siswa yang mempelajari geografi memiliki keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang lebih baik daripada siswa yang tidak mempelajari geografi.

Studi kasus lain yang mendukung manfaat ilmu geografi adalah keberhasilan program “Geography for Life” di Inggris. Program ini memperkenalkan geografi ke dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah, dan telah terbukti meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran lain, seperti matematika dan sains. Selain itu, program ini juga telah membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan komunikasi.

Meskipun terdapat bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat ilmu geografi, masih ada beberapa perdebatan mengenai topik ini. Beberapa kritikus berpendapat bahwa geografi bukanlah mata pelajaran penting, dan waktu yang dihabiskan untuk mempelajari geografi dapat digunakan untuk mempelajari mata pelajaran lain yang lebih penting. Namun, penelitian dan bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa ilmu geografi memiliki banyak manfaat, dan merupakan mata pelajaran penting yang harus dipelajari oleh semua siswa.

Untuk lebih memahami manfaat ilmu geografi, penting untuk melakukan kajian kritis terhadap bukti ilmiah dan studi kasus. Dengan melakukan hal ini, kita dapat lebih memahami bagaimana ilmu geografi dapat bermanfaat bagi kehidupan kita dan masyarakat.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ilmu geografi juga dapat membantu kita memahami isu-isu global, seperti perubahan iklim, globalisasi, dan pembangunan berkelanjutan. Dengan memahami isu-isu ini, kita dapat menjadi warga negara yang lebih aktif dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang masa depan kita.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) tentang Manfaat Ilmu Geografi

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat ilmu geografi:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat mempelajari ilmu geografi?

Jawaban: Ilmu geografi memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Pemahaman dunia
  • Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah
  • Apresiasi keindahan bumi
  • Pelestarian lingkungan
  • Perencanaan pembangunan
  • Penanggulangan bencana
  • Promosi pariwisata
  • Pengembangan ekonomi

Pertanyaan 2: Apakah ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat ilmu geografi?

Jawaban: Ya, ada banyak bukti ilmiah yang mendukung manfaat ilmu geografi. Misalnya, penelitian yang dilakukan oleh National Geographic Society pada tahun 2015 menemukan bahwa siswa yang mempelajari geografi memiliki keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang lebih baik daripada siswa yang tidak mempelajari geografi.

Pertanyaan 3: Apakah ilmu geografi adalah mata pelajaran penting?

Jawaban: Ya, ilmu geografi adalah mata pelajaran penting yang harus dipelajari oleh semua siswa. Hal ini karena ilmu geografi memberikan pemahaman tentang dunia kita, membantu kita mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta menginspirasi kita untuk menghargai keindahan bumi dan melestarikan lingkungan.

Pertanyaan 4: Apa saja contoh penerapan ilmu geografi dalam kehidupan nyata?

Jawaban: Ilmu geografi diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan nyata, seperti perencanaan pembangunan, penanggulangan bencana, promosi pariwisata, dan pengembangan ekonomi.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mempelajari ilmu geografi?

Jawaban: Ada banyak cara untuk mempelajari ilmu geografi, seperti mengikuti kelas, membaca buku dan artikel, menonton film dokumenter, dan menjelajahi internet.

Pertanyaan 6: Di mana saya dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang ilmu geografi?

Jawaban: Ada banyak sumber yang menyediakan informasi lebih lanjut tentang ilmu geografi, seperti situs web National Geographic Society, situs web American Geographical Society, dan perpustakaan setempat.

Kesimpulannya, ilmu geografi adalah mata pelajaran penting yang memiliki banyak manfaat. Ilmu geografi dapat membantu kita memahami dunia kita, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta menginspirasi kita untuk menghargai keindahan bumi dan melestarikan lingkungan.

Tips Mempelajari Ilmu Geografi

Ilmu geografi sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Berikut adalah beberapa tips untuk mempelajari ilmu geografi secara efektif:

Tip 1: Mulailah dengan dasar-dasarPelajari konsep dasar geografi, seperti peta, globe, dan sistem koordinat. Memahami dasar-dasar ini akan membantu Anda membangun pemahaman yang kuat tentang subjek.

Tip 2: Gunakan berbagai sumberAda banyak sumber yang tersedia untuk mempelajari geografi, seperti buku teks, artikel online, dan film dokumenter. Manfaatkan berbagai sumber ini untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang subjek.

Tip 3: Praktikkan petaPeta merupakan alat penting dalam geografi. Latih keterampilan peta Anda dengan membaca, menginterpretasi, dan membuat peta.

Tip 4: Terlibat dalam kegiatan lapanganKegiatan lapangan, seperti kunjungan ke museum atau situs geologi, dapat membantu Anda memahami konsep geografi secara langsung.

Tip 5: Diskusikan dengan orang lainDiskusikan topik geografi dengan teman, keluarga, atau guru. Bertukar pikiran dan ide dapat membantu Anda memperdalam pemahaman Anda tentang subjek.

Tip 6: Terapkan konsep geografi dalam kehidupan nyataCobalah untuk menerapkan konsep geografi dalam kehidupan nyata. Misalnya, Anda dapat menggunakan peta untuk merencanakan perjalanan atau menganalisis dampak lingkungan dari suatu proyek pembangunan.

Mempelajari geografi dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat dan menyenangkan. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan pemahaman Anda tentang dunia di sekitar Anda.

Kesimpulan

Pembahasan mengenai manfaat ilmu geografi dalam artikel ini menunjukkan bahwa geografi memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Geografi membantu kita memahami dunia, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, menghargai keindahan bumi, dan melestarikan lingkungan. Selain itu, geografi juga berperan dalam perencanaan pembangunan, penanggulangan bencana, promosi pariwisata, dan pengembangan ekonomi.

Dengan demikian, ilmu geografi sangat bermanfaat untuk kemajuan manusia. Pemahaman yang komprehensif tentang geografi dapat membekali kita dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global dan membangun masa depan yang lebih baik.

Youtube Video:


Bagikan: