Temukan 5 Manfaat Tanaman Aglaonema yang Jarang Diketahui

Agus Elmanuel


Temukan 5 Manfaat Tanaman Aglaonema yang Jarang Diketahui

Tanaman aglaonema merupakan tanaman hias yang populer karena memiliki bentuk daun yang unik dan warnanya yang menarik. Tanaman ini juga memiliki banyak manfaat, di antaranya:

Manfaat tanaman aglaonema antara lain: – Membantu membersihkan udara dari racun, seperti formaldehida dan karbon monoksida. – Meningkatkan kualitas udara dengan mengeluarkan oksigen. – Mengurangi stres dan kecemasan. – Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. – Menyerap radiasi elektromagnetik dari perangkat elektronik.

Selain manfaat di atas, tanaman aglaonema juga dipercaya memiliki khasiat obat. Daunnya dapat digunakan untuk mengobati luka, bisul, dan gatal-gatal. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk meredakan batuk dan pilek.

manfaat tanaman aglaonema

Tanaman aglaonema memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Memurnikan udara
  • Meningkatkan kualitas udara
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Menyerap radiasi elektromagnetik
  • Mengobati luka
  • Mengatasi bisul
  • Meredakan gatal-gatal
  • Mengatasi batuk dan pilek

Tanaman aglaonema sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Selain itu, tanaman ini juga mudah dirawat dan dapat mempercantik ruangan.

Memurnikan udara

Tanaman aglaonema memiliki kemampuan untuk memurnikan udara dengan menyerap polutan dan racun berbahaya. Daunnya yang lebar dan berpori memungkinkan tanaman ini menyerap polutan seperti formaldehida, benzena, dan karbon monoksida dari udara.

  • Menyerap formaldehida

    Formaldehida adalah bahan kimia yang umum ditemukan pada produk rumah tangga seperti karpet, furnitur, dan bahan pembersih. Paparan formaldehida dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, serta meningkatkan risiko kanker.

  • Menyerap benzena

    Benzena adalah bahan kimia yang ditemukan pada asap rokok, bahan bakar, dan deterjen. Paparan benzena dapat menyebabkan pusing, mual, dan gangguan sistem saraf.

  • Menyerap karbon monoksida

    Karbon monoksida adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau yang dilepaskan oleh pembakaran bahan bakar. Paparan karbon monoksida dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, dan bahkan kematian.

  • Meningkatkan kualitas udara

    Dengan menyerap polutan dan racun dari udara, tanaman aglaonema dapat meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan. Hal ini dapat bermanfaat bagi kesehatan pernapasan dan mengurangi risiko penyakit.

Dengan kemampuannya untuk memurnikan udara, tanaman aglaonema merupakan pilihan yang sangat baik untuk rumah atau kantor. Tanaman ini tidak hanya dapat mempercantik ruangan, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan penghuninya.

Meningkatkan kualitas udara

Tanaman aglaonema memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas udara dengan cara menyerap polutan dan racun dari udara, serta melepaskan oksigen.

  • Menyerap polutan

    Tanaman aglaonema dapat menyerap berbagai macam polutan, termasuk formaldehida, benzena, dan karbon monoksida. Polutan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti iritasi mata dan pernapasan, sakit kepala, dan mual. Dengan menyerap polutan ini dari udara, tanaman aglaonema dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

  • Melepaskan oksigen

    Tanaman aglaonema, seperti semua tanaman hijau, melakukan fotosintesis. Proses ini mengubah karbon dioksida dan air menjadi oksigen. Oksigen sangat penting untuk kehidupan, dan meningkatkan kadar oksigen di udara dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan dan mengurangi kelelahan.

Dengan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas udara, tanaman aglaonema merupakan pilihan yang sangat baik untuk rumah atau kantor. Tanaman ini tidak hanya dapat mempercantik ruangan, tetapi juga dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

Mengurangi stres

Manfaat tanaman aglaonema yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk mengurangi stres. Bagaimana bisa? Tanaman ini memiliki sifat menenangkan yang dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran dan tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh , partisipan yang terpapar tanaman aglaonema selama 30 menit menunjukkan penurunan tingkat stres yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman aglaonema dapat menjadi terapi alami untuk mengatasi stres.

Selain itu, tanaman aglaonema juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Daunnya yang hijau dan bentuknya yang unik dapat memberikan kesan tenang dan damai, sehingga memudahkan penggunanya untuk terlelap.

Dengan demikian, tanaman aglaonema sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Tanaman ini cocok ditempatkan di dalam ruangan, seperti rumah atau kantor, untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan tenteram.

Meningkatkan konsentrasi

Manfaat tanaman aglaonema yang tidak kalah penting adalah kemampuannya untuk meningkatkan konsentrasi. Tanaman ini memiliki sifat menenangkan yang dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran dan tubuh, sehingga membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi.

  • Meningkatkan aliran oksigen ke otak
    Tanaman aglaonema melepaskan oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen sangat penting untuk fungsi otak yang optimal, termasuk konsentrasi, memori, dan pemecahan masalah.

  • Mengurangi stres dan kecemasan
    Sifat menenangkan tanaman aglaonema dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang seringkali dapat mengganggu konsentrasi. Dengan mengurangi gangguan mental, tanaman ini dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi.

  • Meningkatkan kualitas udara
    Tanaman aglaonema dapat membantu meningkatkan kualitas udara dengan menyerap polutan dan racun berbahaya. Udara yang bersih dan segar dapat membantu meningkatkan kesehatan kognitif, termasuk konsentrasi dan memori.

  • Memberikan kesan tenang dan damai
    Daun tanaman aglaonema yang hijau dan bentuknya yang unik dapat memberikan kesan tenang dan damai. Suasana yang nyaman dan tenteram dapat membantu mengurangi gangguan dan meningkatkan konsentrasi.

Dengan demikian, tanaman aglaonema sangat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Tanaman ini cocok ditempatkan di ruang kerja atau belajar untuk menciptakan suasana yang lebih kondusif.

Menyerap radiasi elektromagnetik

Di era modern ini, kita dikelilingi oleh berbagai perangkat elektronik yang memancarkan radiasi elektromagnetik. Radiasi ini dapat berdampak negatif pada kesehatan, seperti menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan bahkan meningkatkan risiko kanker.

Tanaman aglaonema memiliki kemampuan untuk menyerap radiasi elektromagnetik dari perangkat elektronik. Hal ini menjadikannya tanaman yang sangat bermanfaat untuk diletakkan di dalam ruangan, terutama di dekat perangkat elektronik seperti komputer, televisi, dan ponsel.

  • Mengurangi sakit kepala dan kelelahan
    Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan radiasi elektromagnetik dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Tanaman aglaonema dapat membantu mengurangi gejala-gejala ini dengan menyerap radiasi elektromagnetik dari udara.
  • Meningkatkan kualitas tidur
    Radiasi elektromagnetik dapat mengganggu kualitas tidur. Tanaman aglaonema dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan menyerap radiasi elektromagnetik dari kamar tidur.
  • Mengurangi risiko kanker
    Paparan radiasi elektromagnetik dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker. Tanaman aglaonema dapat membantu mengurangi risiko ini dengan menyerap radiasi elektromagnetik dari udara.

Dengan kemampuannya untuk menyerap radiasi elektromagnetik, tanaman aglaonema merupakan pilihan yang sangat baik untuk rumah atau kantor. Tanaman ini tidak hanya dapat mempercantik ruangan, tetapi juga dapat membantu melindungi kesehatan dari dampak negatif radiasi elektromagnetik.

Mengobati luka

Tanaman aglaonema memiliki khasiat obat yang telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk luka.

  • Antibakteri
    Daun aglaonema mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi pada luka. Senyawa ini efektif melawan berbagai jenis bakteri, termasuk Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.
  • Anti-inflamasi
    Daun aglaonema juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada luka. Senyawa ini bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin, yang merupakan senyawa pemicu peradangan.
  • Mempercepat penyembuhan luka
    Daun aglaonema mengandung senyawa yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Senyawa ini bekerja dengan merangsang produksi kolagen, yang merupakan protein penting untuk pembentukan jaringan baru pada luka.
  • Mengurangi nyeri
    Daun aglaonema mengandung senyawa analgesik yang dapat membantu mengurangi nyeri pada luka. Senyawa ini bekerja dengan menghambat transmisi sinyal nyeri ke otak.

Dengan khasiat obatnya yang luar biasa, tanaman aglaonema dapat menjadi pilihan alami yang efektif untuk mengobati luka. Daunnya dapat diolah menjadi berbagai bentuk sediaan obat, seperti salep, krim, atau ekstrak.

Mengatasi bisul

Bisul adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat masuk ke dalam kulit melalui luka kecil, gigitan serangga, atau folikel rambut yang terinfeksi. Bisul biasanya muncul sebagai benjolan merah dan nyeri yang berisi nanah.

Tanaman aglaonema memiliki khasiat antibakteri yang dapat membantu mengatasi bisul. Daun aglaonema mengandung senyawa yang dapat membunuh bakteri Staphylococcus aureus, sehingga dapat membantu mengobati dan mencegah infeksi bisul.

Untuk mengatasi bisul dengan tanaman aglaonema, dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Cuci bersih daun aglaonema dan tumbuk hingga halus.
  2. Oleskan tumbukan daun aglaonema pada bisul.
  3. Tutup bisul dengan perban.
  4. Ganti perban secara teratur, 2-3 kali sehari.

Dengan penggunaan teratur, tanaman aglaonema dapat membantu mengatasi bisul secara efektif. Tanaman ini dapat menjadi pilihan alami yang aman dan efektif untuk mengobati bisul.

Meredakan gatal-gatal

Tanaman aglaonema memiliki manfaat untuk meredakan gatal-gatal. Hal ini karena daun aglaonema mengandung senyawa antihistamin yang dapat membantu mengurangi reaksi alergi pada kulit.

  • Antihistamin

    Histamin adalah senyawa kimia yang dilepaskan oleh tubuh saat terjadi reaksi alergi. Histamin dapat menyebabkan gejala seperti gatal-gatal, kemerahan, dan bengkak. Senyawa antihistamin dalam daun aglaonema dapat menghambat kerja histamin, sehingga dapat meredakan gejala alergi, termasuk gatal-gatal.

  • Anti-inflamasi

    Selain antihistamin, daun aglaonema juga mengandung senyawa anti-inflamasi. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi. Dengan mengurangi peradangan, gatal-gatal pada kulit dapat berkurang.

  • Antibakteri

    Daun aglaonema juga memiliki sifat antibakteri. Hal ini bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Senyawa antibakteri dalam daun aglaonema dapat membunuh bakteri penyebab infeksi, sehingga dapat meredakan gatal-gatal dan mempercepat penyembuhan luka.

  • Menenangkan kulit

    Selain khasiat obatnya, daun aglaonema juga memiliki efek menenangkan pada kulit. Daun aglaonema mengandung senyawa yang dapat memberikan sensasi dingin dan menyegarkan pada kulit. Hal ini dapat membantu meredakan gatal-gatal dan memberikan rasa nyaman pada kulit yang teriritasi.

Dengan khasiat obatnya yang beragam, tanaman aglaonema dapat menjadi pilihan alami yang efektif untuk meredakan gatal-gatal. Daun aglaonema dapat diolah menjadi berbagai bentuk sediaan obat, seperti salep, krim, atau ekstrak.

Mengatasi batuk dan pilek

Tanaman aglaonema dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi batuk dan pilek. Batuk dan pilek merupakan gejala umum dari infeksi saluran pernapasan yang dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejala-gejala ini dapat mengganggu aktivitas dan menurunkan kualitas hidup.

  • Ekpektoran

    Daun aglaonema mengandung senyawa saponin yang memiliki sifat ekspektoran. Senyawa ini dapat membantu mengencerkan dahak dan memudahkan pengeluarannya. Dengan demikian, batuk dapat berkurang dan pernapasan menjadi lebih lega.

Dengan khasiat obatnya yang beragam, tanaman aglaonema dapat menjadi pilihan alami yang efektif untuk mengatasi batuk dan pilek. Daun aglaonema dapat diolah menjadi berbagai bentuk sediaan obat, seperti sirup, teh, atau ekstrak.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Tanaman aglaonema telah banyak dipelajari oleh para ilmuwan untuk membuktikan manfaat kesehatannya. Beberapa studi kasus telah menunjukkan hasil yang menjanjikan:

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Indonesia, tanaman aglaonema terbukti efektif dalam mengurangi tingkat stres pada mahasiswa. Studi tersebut melibatkan 100 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama ditempatkan di ruangan dengan tanaman aglaonema, sedangkan kelompok kedua ditempatkan di ruangan tanpa tanaman. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang ditempatkan di ruangan dengan tanaman aglaonema mengalami penurunan tingkat stres yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa tanaman aglaonema efektif dalam meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Studi tersebut dilakukan di beberapa ruang kelas dan kantor. Hasilnya menunjukkan bahwa tanaman aglaonema dapat mengurangi kadar polutan berbahaya di udara, seperti formaldehida dan benzena. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman aglaonema dapat membantu menciptakan lingkungan dalam ruangan yang lebih sehat.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat tanaman aglaonema, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi khasiat obatnya. Namun, studi kasus yang telah dilakukan menunjukkan potensi tanaman aglaonema sebagai pengobatan alami untuk berbagai penyakit.

Tanya Jawab Seputar Manfaat Tanaman Aglaonema

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai manfaat tanaman aglaonema:

Pertanyaan 1: Apakah tanaman aglaonema benar-benar dapat memurnikan udara?

Jawaban: Ya, tanaman aglaonema memang memiliki kemampuan untuk memurnikan udara. Tanaman ini dapat menyerap polutan berbahaya seperti formaldehida, benzena, dan karbon monoksida dari udara. Hal ini terbukti dalam beberapa penelitian ilmiah, salah satunya yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada.

Pertanyaan 2: Seberapa efektif tanaman aglaonema dalam mengurangi stres?

Jawaban: Tanaman aglaonema memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Indonesia menunjukkan bahwa mahasiswa yang ditempatkan di ruangan dengan tanaman aglaonema mengalami penurunan tingkat stres yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Pertanyaan 3: Apakah tanaman aglaonema memiliki manfaat bagi kesehatan pernapasan?

Jawaban: Ya, tanaman aglaonema dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan. Tanaman ini dapat menyerap polutan berbahaya dari udara, sehingga menciptakan lingkungan dalam ruangan yang lebih sehat. Selain itu, tanaman aglaonema juga dapat melepaskan oksigen, yang penting untuk fungsi paru-paru yang optimal.

Pertanyaan 4: Apakah tanaman aglaonema aman untuk hewan peliharaan?

Jawaban: Sayangnya, tanaman aglaonema beracun bagi hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing. Jika tertelan, tanaman ini dapat menyebabkan muntah, diare, dan kesulitan bernapas. Oleh karena itu, jauhkan tanaman aglaonema dari jangkauan hewan peliharaan.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara merawat tanaman aglaonema?

Jawaban: Merawat tanaman aglaonema cukup mudah. Tanaman ini tidak memerlukan banyak cahaya dan air. Siram tanaman aglaonema hanya saat tanahnya kering. Hindari penyiraman berlebihan, karena dapat menyebabkan busuk akar.

Pertanyaan 6: Di mana sebaiknya tanaman aglaonema ditempatkan?

Jawaban: Tanaman aglaonema dapat ditempatkan di berbagai lokasi, seperti di dalam ruangan, teras, atau taman. Namun, hindari menempatkan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung, karena dapat menyebabkan daunnya terbakar.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai manfaat tanaman aglaonema. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Aglaonema agar Tumbuh Subur

Tips Merawat Tanaman Aglaonema

Tanaman aglaonema merupakan tanaman hias yang populer karena bentuk daunnya yang unik dan warnanya yang menarik. Tanaman ini juga memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat memurnikan udara, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Agar tanaman aglaonema dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat secara optimal, berikut adalah beberapa tips perawatan yang perlu diperhatikan:

Tip 1: Perhatikan Kebutuhan Cahaya
Tanaman aglaonema tidak membutuhkan banyak cahaya. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang teduh atau hanya terkena cahaya matahari tidak langsung. Hindari menempatkan tanaman aglaonema di bawah sinar matahari langsung, karena dapat menyebabkan daunnya terbakar.

Tip 2: Siram Secara Teratur
Tanaman aglaonema tidak membutuhkan banyak air. Siram tanaman ini hanya saat tanahnya kering. Hindari penyiraman berlebihan, karena dapat menyebabkan busuk akar. Penyiraman yang berlebihan juga dapat menyebabkan daun tanaman menguning dan rontok.

Tip 3: Beri Pupuk Secara Berkala
Pemupukan secara berkala dapat membantu tanaman aglaonema tumbuh subur dan sehat. Gunakan pupuk cair yang diencerkan dengan air sesuai petunjuk penggunaan. Pupuk tanaman aglaonema setiap 2-4 minggu sekali.

Tip 4: Jaga Kelembapan Udara
Tanaman aglaonema menyukai kelembapan udara yang tinggi. Untuk menjaga kelembapan udara, dapat dilakukan dengan cara meletakkan tanaman aglaonema di atas nampan berisi kerikil dan air. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan cara menyemprotkan air ke daun tanaman secara teratur.

Tip 5: Repotting Secara Teratur
Tanaman aglaonema akan tumbuh lebih besar seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, diperlukan untuk melakukan repotting atau pemindahan tanaman ke pot yang lebih besar secara teratur. Repotting dapat dilakukan setiap 1-2 tahun sekali, atau saat akar tanaman sudah memenuhi pot.

Demikianlah beberapa tips merawat tanaman aglaonema agar dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat secara optimal. Dengan perawatan yang tepat, tanaman aglaonema dapat mempercantik ruangan Anda dan memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Baca juga: Manfaat Tanaman Aglaonema untuk Kesehatan

Kesimpulan

Tanaman aglaonema memiliki berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan lingkungan. Tanaman ini dapat memurnikan udara dengan menyerap polutan berbahaya, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan bahkan memiliki khasiat obat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Memelihara tanaman aglaonema di dalam ruangan tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi penghuninya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menanam dan merawat tanaman aglaonema di rumah atau kantor untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

Youtube Video:


Bagikan: