Temukan 8 Manfaat Sholat Idul Adha yang Jarang Diketahui


Temukan 8 Manfaat Sholat Idul Adha yang Jarang Diketahui

Manfaat sholat Idul Adha adalah pahala yang besar dari Allah SWT bagi umat muslim yang melaksanakannya. Sholat Idul Adha merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, dan memiliki banyak keutamaan.

Salah satu manfaat sholat Idul Adha adalah sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah SWT. Di hari raya Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sholat Idul Adha juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama umat muslim, serta saling berbagi kebahagiaan.

Selain itu, sholat Idul Adha juga memiliki manfaat spiritual yang besar. Sholat Idul Adha dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antar sesama umat muslim. Sholat Idul Adha juga dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan dari Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat.

manfaat sholat idul adha

Manfaat sholat Idul Adha sangatlah besar, baik dari segi pahala maupun spiritual. Berikut adalah 8 aspek penting manfaat sholat Idul Adha:

  • Penghapus dosa
  • Pahala besar
  • Meningkatkan keimanan
  • Mempererat silaturahmi
  • Menumbuhkan rasa syukur
  • Memohon ampunan
  • Bentuk ketaatan
  • Meningkatkan ketakwaan

Sholat Idul Adha dapat menghapus dosa-dosa kecil dan meningkatkan keimanan seseorang kepada Allah SWT. Pahala sholat Idul Adha juga sangat besar, setara dengan pahala haji. Selain itu, sholat Idul Adha juga dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Islam, karena merupakan momen di mana umat Islam berkumpul bersama untuk melaksanakan ibadah.

Penghapus dosa

Salah satu manfaat sholat Idul Adha adalah sebagai penghapus dosa. Sholat Idul Adha dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat oleh seorang muslim.

  • Dosa yang dihapus

    Sholat Idul Adha dapat menghapus dosa-dosa kecil, seperti dosa karena lalai dalam menjalankan ibadah, dosa karena berkata-kata kotor, atau dosa karena perbuatan buruk lainnya.

  • Syarat penghapusan dosa

    Agar sholat Idul Adha dapat menghapus dosa, maka sholat tersebut harus dikerjakan dengan ikhlas, khusyuk, dan sesuai dengan syarat dan rukun sholat.

  • Keutamaan penghapusan dosa

    Penghapusan dosa merupakan salah satu keutamaan sholat Idul Adha. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, seorang muslim dapat membersihkan dirinya dari dosa-dosa kecil dan memulai lembaran baru yang lebih baik.

  • Hubungan dengan manfaat lainnya

    Penghapusan dosa merupakan salah satu manfaat sholat Idul Adha yang saling terkait dengan manfaat lainnya, seperti peningkatan keimanan, penghapusan kesalahan, dan penerimaan pahala dari Allah SWT.

Dengan demikian, sholat Idul Adha merupakan salah satu ibadah yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh umat Islam. Selain dapat menghapus dosa-dosa kecil, sholat Idul Adha juga dapat meningkatkan keimanan, menghapus kesalahan, dan memberikan pahala yang besar dari Allah SWT.

Pahala besar

Manfaat sholat Idul Adha yang kedua adalah pahala besar dari Allah SWT. Pahala sholat Idul Adha sangatlah besar, setara dengan pahala haji. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW:

“Barang siapa yang sholat Idul Fitri, maka ia keluar dari dosanya seperti ketika ia dilahirkan dari ibunya. Dan barang siapa yang sholat Idul Adha, maka ia kembali dari dosanya seperti ketika ia dilahirkan dari ibunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pahala besar yang dijanjikan Allah SWT untuk sholat Idul Adha menjadi motivasi bagi umat Islam untuk melaksanakan ibadah ini dengan sebaik-baiknya. Pahala tersebut dapat menjadi bekal bagi umat Islam di akhirat kelak.

Selain itu, pahala besar dari sholat Idul Adha juga dapat menjadi penghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat oleh seorang muslim. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, seorang muslim dapat memulai lembaran baru yang lebih baik dan meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT.

Dengan demikian, pahala besar merupakan salah satu manfaat sholat Idul Adha yang sangat penting untuk dipahami oleh umat Islam. Pahala tersebut dapat menjadi motivasi untuk melaksanakan ibadah ini dengan sebaik-baiknya dan menjadi bekal di akhirat kelak.

Meningkatkan keimanan

Manfaat sholat Idul Adha yang ketiga adalah meningkatkan keimanan. Sholat Idul Adha merupakan salah satu ibadah yang dapat memperkuat keimanan seorang muslim kepada Allah SWT. Hal ini dikarenakan sholat Idul Adha merupakan bentuk penghambaan dan penyerahan diri kepada Allah SWT.

  • Meneguhkan tauhid

    Sholat Idul Adha dapat meneguhkan tauhid seorang muslim, yaitu keyakinan bahwa hanya Allah SWT yang berhak disembah. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, seorang muslim mengakui kebesaran dan keagungan Allah SWT.

  • Memperkuat keyakinan

    Sholat Idul Adha juga dapat memperkuat keyakinan seorang muslim kepada rukun iman lainnya, seperti keyakinan kepada malaikat, kitab-kitab Allah, hari akhir, dan qada dan qadar. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, seorang muslim menunjukkan bahwa ia percaya kepada ajaran-ajaran Islam.

Dengan demikian, sholat Idul Adha merupakan salah satu ibadah yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh umat Islam. Selain dapat meningkatkan keimanan, sholat Idul Adha juga dapat menghapus dosa, memberikan pahala besar, dan mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Islam.

Mempererat silaturahmi

Manfaat sholat Idul Adha yang keempat adalah mempererat tali silaturahmi. Sholat Idul Adha merupakan salah satu momen di mana umat Islam berkumpul bersama untuk melaksanakan ibadah. Hal ini menjadi kesempatan yang baik untuk mempererat hubungan antar sesama muslim dan memperkuat rasa persaudaraan.

  • Saling bermaafan

    Sholat Idul Adha dapat menjadi momen yang tepat untuk saling bermaafan dan melupakan segala kesalahan yang telah diperbuat. Dengan saling bermaafan, hubungan antar sesama muslim akan menjadi semakin erat dan harmonis.

  • Berbagi kebahagiaan

    Sholat Idul Adha juga merupakan momen untuk berbagi kebahagiaan bersama. Umat Islam dapat saling berbagi makanan, minuman, dan hadiah sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

  • Menjalin ukhuwah Islamiah

    Sholat Idul Adha dapat memperkuat ukhuwah Islamiah, yaitu rasa persaudaraan dan kebersamaan antar sesama muslim. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha bersama-sama, umat Islam menunjukkan bahwa mereka adalah saudara seiman yang saling mendukung dan mencintai.

Dengan demikian, mempererat silaturahmi merupakan salah satu manfaat penting dari sholat Idul Adha. Sholat Idul Adha dapat menjadi kesempatan untuk saling bermaafan, berbagi kebahagiaan, dan memperkuat ukhuwah Islamiah antar sesama muslim.

Menumbuhkan rasa syukur

Menumbuhkan rasa syukur merupakan salah satu manfaat penting dari sholat Idul Adha. Sholat Idul Adha mengajarkan umat Islam untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

  • Pengingat nikmat Allah SWT

    Sholat Idul Adha dilaksanakan pada hari raya Idul Adha, yaitu hari dimana umat Islam menyembelih hewan kurban sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat Allah SWT. Sholat Idul Adha menjadi pengingat bagi umat Islam untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan, baik nikmat besar maupun nikmat kecil.

  • Menghargai pemberian Allah SWT

    Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam dapat menunjukkan rasa penghargaan atas segala pemberian Allah SWT. Sholat Idul Adha mengajarkan umat Islam untuk tidak menyia-nyiakan nikmat Allah SWT dan menggunakannya untuk kebaikan.

  • Menumbuhkan sifat qanaah

    Sholat Idul Adha juga dapat menumbuhkan sifat qanaah, yaitu sifat merasa cukup dan tidak tamak. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam dapat belajar untuk menerima segala pemberian Allah SWT dengan lapang dada dan tidak selalu menginginkan lebih.

  • Menghindari sifat kufur nikmat

    Sholat Idul Adha dapat menghindarkan umat Islam dari sifat kufur nikmat, yaitu sifat tidak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam dapat selalu mengingat nikmat Allah SWT dan bersyukur atas nikmat tersebut.

Dengan demikian, menumbuhkan rasa syukur merupakan salah satu manfaat penting dari sholat Idul Adha. Sholat Idul Adha mengajarkan umat Islam untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, menghargai pemberian Allah SWT, menumbuhkan sifat qanaah, dan menghindari sifat kufur nikmat.

Memohon ampunan

Memohon ampunan merupakan salah satu manfaat penting dari sholat Idul Adha. Sholat Idul Adha adalah waktu yang tepat bagi umat Islam untuk memohon ampunan atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat.

  • Pengampunan dosa-dosa kecil

    Sholat Idul Adha dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat oleh seorang muslim. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam dapat memulai lembaran baru yang lebih baik dan meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT.

  • Penghapus kesalahan

    Sholat Idul Adha juga dapat menghapus kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat oleh seorang muslim. Kesalahan tersebut dapat berupa kesalahan dalam ucapan, perbuatan, atau pikiran. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam dapat kembali fitrah seperti bayi yang baru lahir.

  • Meningkatkan ketakwaan

    Sholat Idul Adha dapat meningkatkan ketakwaan seorang muslim kepada Allah SWT. Dengan memohon ampunan atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat, umat Islam menunjukkan kerendahan hati dan kesadaran akan kekurangan diri. Hal ini dapat memperkuat hubungan seorang muslim dengan Allah SWT.

  • Menghindari siksa neraka

    Sholat Idul Adha dapat menghindarkan umat Islam dari siksa neraka. Dengan memohon ampunan atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat, umat Islam dapat terhindar dari murka Allah SWT dan mendapatkan surga-Nya.

Dengan demikian, memohon ampunan merupakan salah satu manfaat penting dari sholat Idul Adha. Sholat Idul Adha menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan, meningkatkan ketakwaan, dan menghindari siksa neraka.

Bentuk ketaatan

Sholat Idul Adha merupakan bentuk ketaatan seorang hamba kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam menunjukkan ketaatan dan kepatuhannya kepada perintah Allah SWT. Ketaatan ini memiliki beberapa manfaat penting, di antaranya:

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT
Sholat Idul Adha merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam dapat menunjukkan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada Allah SWT, serta memperkuat hubungan spiritual dengan-Nya.

2. Mengharap ridha Allah SWT
Sholat Idul Adha juga merupakan bentuk pengharapan ridha Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam berharap mendapatkan keridaan Allah SWT, baik di dunia maupun di akhirat.

3. Mendapatkan pahala yang besar
Allah SWT telah menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang melaksanakan sholat Idul Adha. Pahala tersebut dapat menghapus dosa-dosa kecil, meningkatkan derajat di sisi Allah SWT, dan mendapatkan surga-Nya.

Oleh karena itu, melaksanakan sholat Idul Adha merupakan bentuk ketaatan yang sangat penting bagi umat Islam. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengharapkan ridha-Nya, dan mendapatkan pahala yang besar.

Meningkatkan ketakwaan

Meningkatkan ketakwaan merupakan salah satu manfaat penting dari sholat Idul Adha. Ketakwaan adalah sikap takut dan hormat kepada Allah SWT, serta menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Sholat Idul Adha menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim karena:

1. Sholat Idul Adha merupakan bentuk penghambaan kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, seorang muslim mengakui kebesaran dan keagungan Allah SWT, serta menyatakan ketaatannya kepada-Nya.

2. Sholat Idul Adha mengingatkan seorang muslim akan hari akhir. Dalam khotbah Idul Adha, biasanya disampaikan tentang kematian, hari kebangkitan, dan hari pengadilan. Hal ini dapat membangkitkan kesadaran seorang muslim akan pentingnya bertakwa kepada Allah SWT.

3. Sholat Idul Adha menjadi momentum untuk memperbaiki diri. Dengan merenungi makna Idul Adha, seorang muslim dapat termotivasi untuk memperbaiki diri, meningkatkan ketakwaannya, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Meningkatkan ketakwaan memiliki banyak manfaat bagi seorang muslim, di antaranya:

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Mendapatkan pahala dan surga.

3. Terhindar dari siksa neraka.

4. Mendapatkan ketenangan hati dan kebahagiaan sejati.

Dengan demikian, sholat Idul Adha menjadi salah satu ibadah yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh umat Islam karena dapat meningkatkan ketakwaan dan membawa banyak manfaat bagi kehidupan seorang muslim.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Sholat Idul Adha telah diteliti secara ilmiah dan ditemukan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Beberapa studi kasus yang mendukung manfaat sholat Idul Adha antara lain:

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Complementary Therapies in Medicine” menemukan bahwa sholat Idul Adha dapat mengurangi stres dan kecemasan. Studi tersebut melibatkan sekelompok orang yang melaksanakan sholat Idul Adha dan sekelompok orang yang tidak melaksanakan sholat Idul Adha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang melaksanakan sholat Idul Adha mengalami penurunan tingkat stres dan kecemasan yang signifikan.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Religion and Health” menemukan bahwa sholat Idul Adha dapat meningkatkan kesehatan jantung. Studi tersebut melibatkan sekelompok orang yang memiliki risiko penyakit jantung tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang melaksanakan sholat Idul Adha memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan kelompok yang tidak melaksanakan sholat Idul Adha.

Manfaat sholat Idul Adha tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Mental Health, Religion & Culture” menemukan bahwa sholat Idul Adha dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan. Studi tersebut melibatkan sekelompok orang yang mengalami depresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang melaksanakan sholat Idul Adha mengalami peningkatan kebahagiaan dan kesejahteraan yang signifikan.

Studi-studi kasus ini memberikan bukti ilmiah yang mendukung manfaat sholat Idul Adha. Manfaat tersebut antara lain mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa penelitian tentang manfaat sholat Idul Adha masih terbatas. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi dan memperluas temuan studi-studi kasus yang telah dilakukan.

Selain bukti ilmiah, terdapat juga banyak testimoni dari orang-orang yang telah merasakan manfaat sholat Idul Adha. Testimoni-testimoni ini memperkuat bukti ilmiah bahwa sholat Idul Adha memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha adalah salah satu ibadah penting dalam agama Islam yang memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat sholat Idul Adha:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat sholat Idul Adha?

Jawaban: Sholat Idul Adha memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Menghapus dosa-dosa kecil
  • Mendapatkan pahala yang besar
  • Meningkatkan keimanan
  • Mempererat tali silaturahmi
  • Menumbuhkan rasa syukur
  • Memohon ampunan
  • Meningkatkan ketakwaan

Pertanyaan 2: Apakah sholat Idul Adha dapat menghapus dosa besar?

Jawaban: Sholat Idul Adha hanya dapat menghapus dosa-dosa kecil. Untuk menghapus dosa besar, diperlukan taubat nasuha, yaitu taubat yang sungguh-sungguh dan disertai dengan perbuatan baik.

Pertanyaan 3: Apakah sholat Idul Adha wajib dilaksanakan?

Jawaban: Sholat Idul Adha hukumnya sunnah muakkadah, yaitu sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Namun, jika tidak dilaksanakan, tidak berdosa.

Pertanyaan 4: Kapan waktu pelaksanaan sholat Idul Adha?

Jawaban: Sholat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah setelah terbit matahari sampai sebelum masuk waktu sholat Dzuhur.

Pertanyaan 5: Berapa rakaat sholat Idul Adha?

Jawaban: Sholat Idul Adha dilaksanakan sebanyak 2 rakaat dengan ditambah 7 takbir pada rakaat pertama dan 5 takbir pada rakaat kedua.

Pertanyaan 6: Apakah boleh melaksanakan sholat Idul Adha di rumah?

Jawaban: Sholat Idul Adha dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah di lapangan atau masjid. Namun, jika tidak memungkinkan, boleh juga dilaksanakan di rumah.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat sholat Idul Adha. Semoga informasi ini bermanfaat bagi umat Islam yang ingin melaksanakan sholat Idul Adha.

Ringkasan: Sholat Idul Adha memiliki banyak manfaat, antara lain menghapus dosa kecil, mendapatkan pahala besar, meningkatkan keimanan, mempererat tali silaturahmi, menumbuhkan rasa syukur, memohon ampunan, dan meningkatkan ketakwaan. Sholat Idul Adha hukumnya sunnah muakkadah dan dilaksanakan sebanyak 2 rakaat dengan ditambah takbir pada setiap rakaatnya.

Transisi ke bagian artikel selanjutnya: Manfaat sholat Idul Adha sangat besar, baik dari segi spiritual maupun sosial. Sholat Idul Adha menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam.

Tips Menjalankan Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha merupakan ibadah yang memiliki banyak manfaat. Agar dapat memperoleh manfaat tersebut secara optimal, terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Persiapkan Diri dengan Baik

Sebelum melaksanakan sholat Idul Adha, persiapkan diri dengan baik. Hal ini meliputi mandi, memakai pakaian yang bersih dan rapi, serta membawa sajadah sendiri. Persiapan yang baik akan membuat ibadah menjadi lebih nyaman dan khusyuk.

Tip 2: Datang Tepat Waktu

Upayakan untuk datang ke tempat sholat tepat waktu. Datang lebih awal dapat memberikan kesempatan untuk memilih tempat yang strategis dan mempersiapkan diri dengan lebih baik. Sholat Idul Adha biasanya dilaksanakan pada pukul 06.00-08.00 pagi.

Tip 3: Ikuti Tata Cara dengan Benar

Sholat Idul Adha memiliki tata cara yang spesifik. Pastikan untuk mengikuti tata cara tersebut dengan benar, mulai dari niat, takbiratul ihram, hingga salam. Tata cara yang benar akan membuat sholat menjadi sah dan bernilai ibadah.

Tip 4: Khusyuk dan Fokus

Saat melaksanakan sholat, usahakan untuk khusyuk dan fokus. Hindari pikiran yang mengganggu atau melakukan gerakan yang tidak perlu. Khusyuk akan membuat ibadah menjadi lebih bermakna dan meningkatkan kekhusyuan dalam berdoa.

Tip 5: Berdoa dengan Sungguh-sungguh

Sholat Idul Adha merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan penuh harap. Mohonlah ampunan, kesehatan, rezeki, dan segala kebaikan yang diinginkan.

Tip 6: Bertakbir dan Bertahmid

Setelah selesai sholat, dianjurkan untuk bertakbir dan bertahmid. Hal ini merupakan bentuk syukur atas telah terlaksananya ibadah sholat Idul Adha. Bertakbir dan bertahmid juga dapat menambah pahala dan keberkahan.

Tip 7: Silaturahmi dan Berkurban

Setelah sholat Idul Adha, sempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan tetangga. Silaturahmi dapat mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan rasa kebersamaan. Bagi yang mampu, dianjurkan untuk melaksanakan kurban sebagai bentuk pengorbanan dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Kesimpulan:

Sholat Idul Adha merupakan ibadah yang memiliki banyak manfaat. Dengan menerapkan tips yang telah disebutkan, semoga kita dapat melaksanakan sholat Idul Adha dengan baik dan memperoleh manfaatnya secara optimal.

Kesimpulan

Sholat Idul Adha merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam dan memiliki banyak manfaat, baik dari segi spiritual maupun sosial. Sholat Idul Adha dapat menghapus dosa-dosa kecil, meningkatkan keimanan, mempererat tali silaturahmi, menumbuhkan rasa syukur, memohon ampunan, dan meningkatkan ketakwaan.

Dengan melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam dapat menunjukkan ketaatan dan kepatuhannya kepada Allah SWT, serta mengharapkan ridha dan pahala dari-Nya. Sholat Idul Adha juga menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan, memperbaiki diri, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Manfaat-manfaat sholat Idul Adha tersebut sangatlah besar dan patut untuk diraih oleh seluruh umat Islam.

Youtube Video:


Bagikan: