Temukan 10 Manfaat Buah Mangga yang Jarang Diketahui, Bikin Kamu Terkejut!

Agus Elmanuel


Temukan 10 Manfaat Buah Mangga yang Jarang Diketahui, Bikin Kamu Terkejut!

Manfaat dari buah mangga sangatlah banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah mangga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan kalium. Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin E bermanfaat untuk kesehatan kulit, dan kalium bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Selain itu, buah mangga juga mengandung serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Buah mangga juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Buah mangga telah dikonsumsi sejak zaman dahulu kala. Di India, buah mangga dianggap sebagai buah suci dan sering digunakan dalam upacara keagamaan. Di Indonesia, buah mangga juga sangat populer dan diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti rujak, asinan, dan jus.

Manfaat dari Buah Mangga

Buah mangga memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut adalah 10 manfaat utama dari buah mangga:

  • Kaya vitamin dan mineral
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata
  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah penyakit kronis
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mengurangi risiko kanker

Selain manfaat di atas, buah mangga juga memiliki banyak manfaat lainnya. Misalnya, buah mangga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga kesehatan jantung. Buah mangga juga merupakan sumber antioksidan yang baik, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kaya vitamin dan mineral

Buah mangga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan kalium. Vitamin-vitamin dan mineral ini sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin E bermanfaat untuk kesehatan kulit, dan kalium bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh. Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin dan mineral, tubuh akan dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sebagai contoh, vitamin A yang terkandung dalam buah mangga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti rabun senja dan kebutaan. Vitamin C yang terkandung dalam buah mangga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan mudah terserang penyakit, seperti flu dan batuk. Kalium yang terkandung dalam buah mangga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Kekurangan kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Kesimpulannya, kandungan vitamin dan mineral yang kaya dalam buah mangga memberikan banyak manfaat kesehatan. Oleh karena itu, mengonsumsi buah mangga secara teratur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat dari buah mangga lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti flu, batuk, dan infeksi lainnya. Buah mangga mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, seperti vitamin C, vitamin E, dan antioksidan.

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan sel-sel yang melawan infeksi. Selain itu, vitamin C juga membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Vitamin E

    Vitamin E adalah nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin E membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga membantu meningkatkan produksi sel pembunuh alami, yang merupakan sel-sel yang melawan infeksi.

  • Antioksidan

    Buah mangga juga mengandung banyak antioksidan, seperti beta-karoten, likopen, dan quercetin. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul berbahaya yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi diri dari berbagai penyakit. Selain itu, buah mangga juga merupakan sumber nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, kalium, dan serat, yang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan mata

Buah mangga kaya akan vitamin A, vitamin yang sangat penting untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti rabun senja dan kebutaan. Selain itu, buah mangga juga mengandung antioksidan, seperti beta-karoten dan zeaxanthin, yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Vitamin A

    Vitamin A adalah nutrisi penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kornea dan retina, dua bagian penting mata. Kornea adalah lapisan bening yang menutupi bagian depan mata, sedangkan retina adalah lapisan yang peka cahaya di bagian belakang mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, yaitu kesulitan melihat dalam kondisi cahaya redup. Dalam kasus yang parah, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan.

  • Antioksidan

    Buah mangga juga mengandung banyak antioksidan, seperti beta-karoten dan zeaxanthin. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul berbahaya yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Beta-karoten dan zeaxanthin adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Kedua antioksidan ini menumpuk di makula, bagian retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan mata dan melindungi diri dari gangguan penglihatan. Buah mangga merupakan sumber vitamin A dan antioksidan yang baik, yang sangat penting untuk kesehatan mata secara keseluruhan.

Melancarkan pencernaan

Manfaat dari buah mangga lainnya adalah melancarkan pencernaan. Buah mangga mengandung banyak serat, yang merupakan bagian dari tumbuhan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan karena dapat membantu melancarkan buang air besar, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

Ketika kita mengonsumsi buah mangga, serat dalam buah mangga akan menyerap air dan mengembang di saluran pencernaan. Hal ini akan membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Selain itu, serat juga dapat membantu mempercepat waktu transit makanan di saluran pencernaan, sehingga dapat mengurangi risiko sembelit.

Selain itu, buah mangga juga mengandung enzim pencernaan yang dapat membantu memecah makanan dan melancarkan pencernaan. Enzim pencernaan ini bekerja dengan memecah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi molekul-molekul yang lebih kecil, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Hal ini sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena pencernaan yang lancar dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik dan mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti sembelit, diare, dan kanker usus besar.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat dari buah mangga lainnya adalah menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Buah mangga mengandung kalium, mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium bekerja dengan cara mengikat natrium dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urin. Natrium adalah mineral yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi berlebihan. Dengan mengurangi kadar natrium dalam tubuh, kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition” menemukan bahwa mengonsumsi 2 buah mangga per hari selama 4 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 8 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) sebesar 5 mmHg.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, menambahkan buah mangga ke dalam makanan Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Mencegah penyakit kronis

Penyakit kronis adalah penyakit yang berlangsung lama dan tidak dapat disembuhkan. Penyakit kronis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gaya hidup yang tidak sehat, genetika, dan lingkungan. Beberapa penyakit kronis yang umum termasuk penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes.

  • Antioksidan

    Buah mangga kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul berbahaya yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

  • Serat

    Buah mangga juga kaya akan serat. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatur kadar gula darah, dan meningkatkan rasa kenyang. Serat juga membantu mencegah sembelit dan divertikulitis.

  • Kalium

    Buah mangga juga merupakan sumber kalium yang baik. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah nutrisi penting untuk kesehatan kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Vitamin C juga membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, dan gusi.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat membantu mencegah penyakit kronis dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat dari buah mangga adalah menjaga kesehatan kulit. Buah mangga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti vitamin C, vitamin E, dan antioksidan.

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Vitamin C juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Vitamin E adalah nutrisi penting lainnya untuk kesehatan kulit. Vitamin E membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul berbahaya yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Antioksidan dalam buah mangga juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas dan mencegahnya merusak sel-sel kulit.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Buah mangga dapat dikonsumsi langsung, dibuat jus, atau diolah menjadi berbagai makanan dan minuman.

Menurunkan berat badan

Buah mangga dapat membantu menurunkan berat badan karena beberapa alasan:

  • Kaya serat

    Buah mangga kaya akan serat, yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan beberapa cara. Pertama, serat membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Kedua, serat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan insulin. Lonjakan insulin dapat menyebabkan penyimpanan lemak.

  • Rendah kalori

    Buah mangga relatif rendah kalori, dengan hanya sekitar 60 kalori per 100 gram. Hal ini menjadikannya pilihan camilan atau makanan penutup yang baik bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

  • Meningkatkan metabolisme

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah mangga dapat membantu meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang lebih tinggi berarti tubuh membakar lebih banyak kalori, bahkan saat sedang istirahat.

  • Kaya air

    Buah mangga kaya akan air, yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan beberapa cara. Pertama, air membuat kita merasa kenyang, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Kedua, air dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Secara keseluruhan, buah mangga adalah buah yang dapat membantu menurunkan berat badan karena kaya serat, rendah kalori, meningkatkan metabolisme, dan kaya air.

Meningkatkan fungsi otak

Buah mangga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan otak. Buah mangga mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk fungsi otak, seperti vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

Vitamin B6 berperan penting dalam produksi neurotransmiter, seperti serotonin dan dopamin. Neurotransmiter ini bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Kalium berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk fungsi otak yang optimal.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrients” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak buah mangga selama 12 minggu mengalami peningkatan memori dan konsentrasi.

Secara keseluruhan, bukti menunjukkan bahwa buah mangga adalah buah yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

Mengurangi risiko kanker

Buah mangga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk antioksidan. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah mangga dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Cancer Research” menemukan bahwa pria yang mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, termasuk antioksidan dalam buah mangga, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat.

Selain antioksidan, buah mangga juga mengandung serat. Serat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Serat bekerja dengan mengikat racun dan zat penyebab kanker di usus besar dan mengeluarkannya dari tubuh.

Secara keseluruhan, bukti menunjukkan bahwa buah mangga adalah buah yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat buah mangga telah didukung oleh banyak bukti ilmiah dan studi kasus. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa buah mangga mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, dan serat.

Salah satu studi kasus yang terkenal adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition”. Studi ini menemukan bahwa konsumsi 2 buah mangga per hari selama 4 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 8 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) sebesar 5 mmHg pada orang dengan tekanan darah tinggi. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Cancer Research” menemukan bahwa pria yang mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, termasuk antioksidan dalam buah mangga, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa masih terdapat beberapa perdebatan mengenai manfaat spesifik dari buah mangga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah mangga dapat membantu menurunkan berat badan, sementara penelitian lain tidak menemukan efek yang signifikan. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat buah mangga secara keseluruhan.

Meskipun demikian, bukti yang ada menunjukkan bahwa buah mangga adalah buah yang sehat dan bergizi yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca bagian FAQ di bawah ini.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Buah Mangga

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat buah mangga:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat buah mangga?

Buah mangga memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit kronis, menjaga kesehatan kulit, menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi risiko kanker.

Pertanyaan 2: Apa saja kandungan nutrisi dalam buah mangga?

Buah mangga kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, dan serat. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pertanyaan 3: Apakah buah mangga aman dikonsumsi setiap hari?

Ya, buah mangga aman dikonsumsi setiap hari dalam jumlah sedang. Disarankan untuk mengonsumsi 1-2 buah mangga per hari untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Pertanyaan 4: Apakah buah mangga dapat menyebabkan alergi?

Meskipun jarang terjadi, beberapa orang mungkin alergi terhadap buah mangga. Gejala alergi buah mangga dapat berupa gatal-gatal, ruam, pembengkakan, dan kesulitan bernapas. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini setelah mengonsumsi buah mangga, segera cari pertolongan medis.

Pertanyaan 5: Apakah buah mangga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Ya, penderita diabetes dapat mengonsumsi buah mangga dalam jumlah sedang. Buah mangga mengandung gula alami, tetapi indeks glikemiknya rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Namun, penderita diabetes harus tetap memantau kadar gula darah mereka setelah mengonsumsi buah mangga.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara terbaik mengonsumsi buah mangga?

Buah mangga dapat dikonsumsi langsung, dibuat jus, atau diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti rujak, asinan, dan es buah. Anda juga dapat menambahkan potongan buah mangga ke dalam salad, oatmeal, atau yogurt.

Kesimpulan:

Buah mangga adalah buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah mangga kaya akan nutrisi penting dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Artikel Terkait:

– Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Kulit

– Manfaat Buah Mangga untuk Menurunkan Berat Badan

– Cara Mengolah Buah Mangga Menjadi Berbagai Hidangan Lezat

Tips Memanfaatkan Buah Mangga

Buah mangga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan buah mangga secara maksimal:

Tip 1: Makanlah buah mangga secara teratur

Buah mangga dapat dimakan langsung, dibuat jus, atau diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Tip 2: Pilih buah mangga yang matang

Buah mangga yang matang memiliki rasa yang lebih manis dan mengandung lebih banyak nutrisi. Saat memilih buah mangga, carilah buah yang kulitnya berwarna kuning atau oranye dan agak lunak saat ditekan.

Tip 3: Simpan buah mangga dengan benar

Buah mangga dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari atau di lemari es hingga dua minggu. Jika disimpan di lemari es, buah mangga akan bertahan lebih lama tetapi rasanya mungkin tidak semanis jika disimpan pada suhu kamar.

Tip 4: Gunakan buah mangga dalam berbagai hidangan

Buah mangga dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti salad, kari, smoothie, dan es buah. Buah mangga juga dapat ditambahkan ke dalam oatmeal, yogurt, atau granola untuk menambah rasa dan nutrisi.

Tip 5: Gunakan kulit buah mangga

Kulit buah mangga juga dapat dimanfaatkan. Kulit buah mangga dapat dikeringkan dan dijadikan teh atau dicampurkan ke dalam masakan untuk menambah rasa.

Kesimpulan:

Buah mangga adalah buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memanfaatkan buah mangga secara maksimal dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Kesimpulan

Buah mangga merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah mangga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit kronis, menjaga kesehatan kulit, menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi risiko kanker.

Mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memasukkan buah mangga ke dalam makanan kita sehari-hari.

Youtube Video:


Bagikan: