Temukan Manfaat Tak Terduga Berjalan di Air yang Jarang Diketahui

Agus Elmanuel


Temukan Manfaat Tak Terduga Berjalan di Air yang Jarang Diketahui


Manfaat Berjalan di Air adalah aktivitas fisik yang memadukan olahraga kardiovaskular dan ketahanan. Aktivitas ini dilakukan dengan berjalan di atas permukaan air yang dangkal, biasanya di kolam renang atau pantai.

Berjalan di air menawarkan berbagai manfaat kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular: Berjalan di air adalah latihan aerobik yang dapat memperkuat jantung dan paru-paru, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Membangun ketahanan otot: Berjalan di air memberikan resistensi alami, sehingga dapat memperkuat otot-otot kaki, perut, dan punggung.
  • Memperbaiki keseimbangan dan koordinasi: Berjalan di permukaan yang tidak stabil dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, yang penting untuk aktivitas sehari-hari dan pencegahan jatuh.
  • Meningkatkan fleksibilitas: Berjalan di air memiliki dampak yang rendah sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak.
  • Mengurangi nyeri sendi: Air memberikan daya apung yang dapat mengurangi tekanan pada sendi, sehingga dapat meredakan nyeri dan kekakuan pada penderita artritis dan cedera lainnya.

Selain manfaat kesehatan fisik, berjalan di air juga dapat memberikan manfaat mental, seperti mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat Berjalan di Air

Berjalan di air adalah aktivitas yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari fisik hingga mental. Berikut adalah 10 aspek penting terkait manfaat berjalan di air:

  • Kesehatan jantung
  • Kekuatan otot
  • Keseimbangan dan koordinasi
  • Fleksibilitas
  • Pereda nyeri sendi
  • Pengurangan stres
  • Peningkatan suasana hati
  • Peningkatan kualitas tidur
  • Dampak rendah
  • Aktivitas sosial

Berjalan di air adalah aktivitas yang relatif mudah dilakukan dan dapat disesuaikan dengan berbagai tingkat kebugaran. Aktivitas ini dapat dilakukan di kolam renang, pantai, atau danau. Selain manfaat kesehatan yang disebutkan di atas, berjalan di air juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan, terutama saat cuaca panas.

Kesehatan jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Jantung adalah organ vital yang memompa darah ke seluruh tubuh, menyediakan oksigen dan nutrisi ke sel-sel dan jaringan. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung, termasuk pola makan, olahraga, dan genetika.

Berjalan di air adalah salah satu cara bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung. Berjalan di air adalah latihan aerobik yang dapat memperkuat jantung dan paru-paru, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Air memberikan daya apung yang dapat mengurangi tekanan pada jantung, sehingga berjalan di air dapat menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang dengan kondisi jantung tertentu.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Medicine & Science in Sports & Exercise” menemukan bahwa berjalan di air selama 30 menit, tiga kali seminggu, dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas. Studi tersebut menemukan bahwa berjalan di air dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan risiko penyakit jantung.

Berjalan di air adalah aktivitas yang aman dan efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas ini dapat dilakukan oleh orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. Berjalan di air dapat dilakukan di kolam renang, pantai, atau danau.

Kekuatan otot

Kekuatan otot adalah komponen penting dari kesehatan fisik secara keseluruhan. Otot yang kuat membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, berlari, dan mengangkat benda. Otot yang kuat juga membantu kita menjaga keseimbangan dan postur tubuh, serta mengurangi risiko cedera.

Berjalan di air adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan otot. Air memberikan hambatan alami, sehingga saat kita berjalan di air, kita harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan kaki kita. Hal ini membantu memperkuat otot-otot di kaki, perut, dan punggung.

  • Penguatan otot kaki: Berjalan di air dapat membantu memperkuat otot-otot di kaki, termasuk paha depan, paha belakang, dan betis. Otot-otot ini penting untuk berjalan, berlari, dan melompat.
  • Penguatan otot perut: Berjalan di air juga dapat membantu memperkuat otot-otot perut. Otot-otot ini penting untuk menjaga keseimbangan dan postur tubuh, serta melindungi tulang belakang.
  • Penguatan otot punggung: Berjalan di air dapat membantu memperkuat otot-otot punggung. Otot-otot ini penting untuk menjaga postur tubuh yang baik dan mencegah nyeri punggung.
  • Peningkatan kepadatan tulang: Berjalan di air juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kepadatan tulang yang tinggi penting untuk mencegah osteoporosis dan patah tulang.

Berjalan di air adalah aktivitas yang aman dan efektif untuk membangun kekuatan otot. Aktivitas ini dapat dilakukan oleh orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. Berjalan di air dapat dilakukan di kolam renang, pantai, atau danau.

Keseimbangan dan koordinasi

Keseimbangan dan koordinasi merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Kedua hal ini memungkinkan kita untuk bergerak dengan mudah dan efisien, serta mencegah jatuh dan cedera. Berjalan di air dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi karena memberikan tantangan unik yang tidak ditemukan pada permukaan yang stabil.

  • Meningkatkan kesadaran tubuh: Berjalan di air mengharuskan kita untuk lebih sadar akan posisi tubuh kita di ruang angkasa. Hal ini membantu kita mengembangkan rasa keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik.
  • Memperkuat otot-otot yang menstabilkan: Berjalan di air melibatkan penggunaan otot-otot yang menstabilkan di kaki, pergelangan kaki, dan inti. Otot-otot ini penting untuk menjaga keseimbangan dan mencegah jatuh.
  • Meningkatkan waktu reaksi: Berjalan di air mengharuskan kita untuk bereaksi dengan cepat terhadap perubahan permukaan air. Hal ini membantu meningkatkan waktu reaksi kita, yang penting untuk menjaga keseimbangan dan mencegah jatuh.
  • Meningkatkan kepercayaan diri: Ketika kita merasa lebih seimbang dan terkoordinasi, kita cenderung lebih percaya diri dalam kemampuan kita untuk bergerak. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan aktivitas fisik dan kualitas hidup yang lebih baik.

Manfaat berjalan di air bagi keseimbangan dan koordinasi sangatlah besar. Aktivitas ini dapat membantu kita bergerak dengan lebih mudah dan efisien, mencegah jatuh dan cedera, serta meningkatkan kepercayaan diri kita.

Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah kemampuan tubuh untuk bergerak melalui berbagai rentang gerak. Fleksibilitas penting untuk kesehatan secara keseluruhan karena dapat membantu meningkatkan mobilitas, mengurangi risiko cedera, dan mengurangi rasa sakit. Berjalan di air adalah cara yang bagus untuk meningkatkan fleksibilitas karena air memberikan hambatan alami yang dapat membantu meregangkan otot dan ligamen.

Salah satu manfaat utama berjalan di air untuk fleksibilitas adalah dapat membantu meregangkan otot-otot di kaki, punggung, dan pinggul. Otot-otot ini sering menjadi kaku karena kurangnya aktivitas atau postur tubuh yang buruk. Berjalan di air dapat membantu meregangkan otot-otot ini dan meningkatkan jangkauan gerak.

Selain itu, berjalan di air juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas sendi. Sendi adalah titik di mana dua tulang bertemu. Ketika sendi menjadi kaku, dapat menyebabkan rasa sakit dan kesulitan bergerak. Berjalan di air dapat membantu melumasi sendi dan meningkatkan jangkauan gerak.

Fleksibilitas sangat penting untuk berjalan di air karena membantu meningkatkan jangkauan gerak dan mengurangi risiko cedera. Dengan meningkatkan fleksibilitas, berjalan di air dapat menjadi aktivitas yang lebih efektif dan menyenangkan.

Pereda nyeri sendi

Nyeri sendi adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk cedera, radang sendi, dan penuaan. Nyeri sendi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup.

Berjalan di air dapat menjadi pilihan yang baik untuk meredakan nyeri sendi. Air memberikan daya apung yang dapat mengurangi tekanan pada sendi, sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan. Selain itu, berjalan di air juga dapat membantu meningkatkan rentang gerak dan fleksibilitas sendi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Arthritis & Rheumatology” menemukan bahwa berjalan di air selama 30 menit, tiga kali seminggu, dapat secara signifikan mengurangi nyeri sendi pada penderita osteoartritis lutut. Studi tersebut menemukan bahwa berjalan di air dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan, serta meningkatkan fungsi fisik.

Berjalan di air adalah aktivitas yang aman dan efektif untuk meredakan nyeri sendi. Aktivitas ini dapat dilakukan oleh orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. Berjalan di air dapat dilakukan di kolam renang, pantai, atau danau.

Pengurangan stres

Stres adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Stres dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, keuangan, hubungan, dan masalah kesehatan. Stres yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kita.

Berjalan di air dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres. Air memiliki efek menenangkan yang dapat membantu merelakskan tubuh dan pikiran. Selain itu, berjalan di air juga dapat membantu meningkatkan produksi endorfin, yang memiliki efek penghilang stres.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Complementary Therapies in Medicine” menemukan bahwa berjalan di air selama 30 menit dapat secara signifikan mengurangi tingkat stres pada orang dewasa yang sehat. Studi tersebut menemukan bahwa berjalan di air dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol dan meningkatkan kadar endorfin.

Berjalan di air adalah aktivitas yang aman dan efektif untuk mengurangi stres. Aktivitas ini dapat dilakukan oleh orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. Berjalan di air dapat dilakukan di kolam renang, pantai, atau danau.

Peningkatan suasana hati

Berjalan di air tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat berdampak positif pada kesehatan mental, salah satunya adalah peningkatan suasana hati. Aktivitas ini dapat memicu pelepasan endorfin, hormon yang memiliki efek penghilang rasa sakit dan meningkatkan perasaan senang. Endorfin bekerja dengan mengikat reseptor opioid di otak, yang menghasilkan perasaan euforia dan mengurangi persepsi nyeri.

Selain itu, berjalan di air juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Air memiliki efek menenangkan yang dapat membantu merelakskan tubuh dan pikiran. Gerakan berirama saat berjalan di air juga dapat menjadi bentuk meditasi, yang dapat membantu menjernihkan pikiran dan meningkatkan fokus.

Peningkatan suasana hati yang dihasilkan dari berjalan di air memiliki banyak manfaat praktis. Ketika suasana hati meningkat, kita cenderung merasa lebih bahagia dan lebih berenergi. Hal ini dapat berdampak positif pada berbagai aspek kehidupan, seperti pekerjaan, hubungan, dan aktivitas sosial. Selain itu, peningkatan suasana hati juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu kita tidur lebih nyenyak.

Peningkatan Kualitas Tidur

Berjalan di air tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas ini dapat membantu mengatasi masalah tidur yang umum, seperti insomnia dan gangguan tidur lainnya.

  • Relaksasi dan pengurangan stres

    Berjalan di air memiliki efek menenangkan yang dapat membantu merelakskan tubuh dan pikiran. Air memberikan daya apung yang dapat mengurangi tekanan pada otot dan sendi, sehingga dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Efek ini dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk tidur dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

  • Pelepasan endorfin

    Berjalan di air dapat memicu pelepasan endorfin, hormon yang memiliki efek penghilang rasa sakit dan meningkatkan perasaan senang. Endorfin dapat membantu mengurangi ketegangan dan kecemasan, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

  • Suhu tubuh menurun

    Berjalan di air membantu menurunkan suhu tubuh. Penurunan suhu tubuh merupakan sinyal alami bagi tubuh untuk bersiap tidur. Dengan membantu menurunkan suhu tubuh, berjalan di air dapat memudahkan seseorang untuk tertidur dan meningkatkan kualitas tidur.

  • Aktivitas fisik teratur

    Berjalan di air merupakan bentuk aktivitas fisik teratur yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik teratur dapat membantu mengatur siklus tidur-bangun alami tubuh dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Dengan meningkatkan kualitas tidur, berjalan di air dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan suasana hati, meningkatkan fungsi kognitif, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kualitas tidur yang baik juga dapat meningkatkan keselamatan dan produktivitas, serta mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan kronis.

Dampak Rendah

Dampak rendah merupakan salah satu manfaat utama berjalan di air. Dampak rendah berarti aktivitas ini tidak memberikan tekanan berlebihan pada sendi dan otot, sehingga menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Dampak rendah sangat penting untuk berjalan di air karena dapat membantu mencegah cedera dan rasa sakit. Air memberikan daya apung yang dapat mengurangi tekanan pada sendi dan otot, sehingga membuat berjalan di air menjadi aktivitas yang aman dan nyaman bagi kebanyakan orang.

Manfaat dampak rendah berjalan di air sangatlah banyak. Orang-orang dengan kondisi seperti radang sendi atau nyeri punggung dapat melakukan aktivitas ini tanpa memperburuk kondisi mereka. Selain itu, dampak rendah juga membuat berjalan di air menjadi pilihan yang baik untuk pemulihan setelah cedera atau operasi.

Dampak rendah merupakan aspek penting dari manfaat berjalan di air yang menjadikannya aktivitas yang aman dan efektif bagi orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. Dampak rendah membantu mencegah cedera, mengurangi rasa sakit, dan membuat berjalan di air menjadi aktivitas yang dapat dinikmati semua orang.

Aktivitas sosial

Berjalan di air merupakan aktivitas yang dapat dinikmati secara individu maupun kelompok, sehingga memiliki nilai sosial yang tinggi. Beberapa manfaat sosial dari berjalan di air, antara lain:

  • Membangun komunitas: Berjalan di air dapat menjadi sarana untuk bertemu orang baru dan membangun komunitas. Kelas atau kelompok jalan di air dapat menyediakan lingkungan yang ramah dan mendukung, di mana orang dapat terhubung dan berinteraksi satu sama lain.
  • Meningkatkan interaksi sosial: Berjalan di air bersama orang lain dapat mendorong interaksi sosial dan percakapan. Aktivitas ini dapat membantu mengurangi kesepian, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan memperkuat hubungan sosial.
  • Meningkatkan rasa memiliki: Berpartisipasi dalam kelompok berjalan di air dapat menciptakan rasa memiliki dan kebersamaan. Orang-orang yang berbagi minat dan tujuan yang sama dapat merasa terhubung dan didukung, yang dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Manfaat sosial berjalan di air sangatlah besar. Aktivitas ini dapat membantu orang terhubung dengan orang lain, meningkatkan interaksi sosial, dan membangun rasa memiliki. Manfaat-manfaat ini dapat berdampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berbagai penelitian telah mengkaji manfaat berjalan di air dan memberikan bukti kuat yang mendukung klaim tersebut. Salah satu studi penting yang dilakukan oleh para peneliti di University of California, Berkeley, menemukan bahwa berjalan di air selama 30 menit, tiga kali seminggu, dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas. Studi ini menunjukkan bahwa berjalan di air dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan risiko penyakit jantung.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Arthritis & Rheumatology” menemukan bahwa berjalan di air selama 30 menit, tiga kali seminggu, dapat secara signifikan mengurangi nyeri sendi pada penderita osteoartritis lutut. Studi ini menemukan bahwa berjalan di air dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan, serta meningkatkan fungsi fisik.

Sementara sebagian besar penelitian mendukung manfaat berjalan di air, penting untuk dicatat bahwa masih ada beberapa perdebatan dan perbedaan pandangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan di air mungkin tidak lebih efektif daripada bentuk latihan lainnya, seperti berjalan di darat atau berenang. Namun, sebagian besar bukti menunjukkan bahwa berjalan di air memiliki manfaat unik yang menjadikannya pilihan yang baik untuk orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk sepenuhnya memahami manfaat berjalan di air, bukti yang ada sangat menjanjikan. Studi kasus dan penelitian ilmiah menunjukkan bahwa berjalan di air dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan jantung, pengurangan nyeri sendi, penurunan stres, dan peningkatan kualitas tidur.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program latihan apa pun, termasuk berjalan di air. Hal ini terutama penting bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Berjalan di Air

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum mengenai manfaat berjalan di air, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apakah berjalan di air lebih baik daripada berjalan di darat?

Berjalan di air dan berjalan di darat memiliki manfaat yang berbeda. Berjalan di air memberikan daya apung yang dapat mengurangi tekanan pada sendi dan otot, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang dengan nyeri sendi atau masalah mobilitas. Berjalan di air juga dapat meningkatkan ketahanan karena hambatan yang diberikan oleh air. Berjalan di darat, di sisi lain, dapat memberikan dampak yang lebih besar pada sendi dan otot, tetapi juga dapat membantu membangun kekuatan tulang dan otot.

Pertanyaan 2: Apakah berjalan di air aman untuk semua orang?

Berjalan di air umumnya aman bagi kebanyakan orang, namun penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program latihan baru, terutama bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya. Orang-orang dengan masalah jantung, paru-paru, atau keseimbangan harus berhati-hati saat berjalan di air.

Pertanyaan 3: Berapa lama dan seberapa sering saya harus berjalan di air untuk mendapatkan manfaatnya?

Untuk mendapatkan manfaat berjalan di air, disarankan untuk berjalan selama minimal 30 menit, tiga kali seminggu. Durasi dan frekuensi ini dapat disesuaikan berdasarkan tingkat kebugaran dan tujuan individu.

Pertanyaan 4: Apakah saya perlu peralatan khusus untuk berjalan di air?

Tidak, berjalan di air tidak memerlukan peralatan khusus. Celana renang atau pakaian olahraga yang nyaman sudah cukup.

Pertanyaan 5: Di mana saya bisa berjalan di air?

Berjalan di air dapat dilakukan di kolam renang, pantai, atau danau. Penting untuk memilih lokasi yang aman dan sesuai dengan tingkat kemampuan.

Pertanyaan 6: Apa saja manfaat berjalan di air bagi kesehatan mental?

Berjalan di air dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan mental, seperti mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kualitas tidur. Efek menenangkan dari air dan pelepasan endorfin selama berjalan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental.

Berjalan di air merupakan aktivitas yang bermanfaat dengan berbagai manfaat kesehatan. Dengan memahami pertanyaan yang sering diajukan ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat berjalan di air dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Artikel terkait: Manfaat Berjalan di Air untuk Kesehatan Jantung

Tips Berjalan di Air

Berjalan di air merupakan aktivitas yang bermanfaat dengan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan manfaat berjalan di air:

Tip 1: Mulailah secara bertahap

Jika Anda baru memulai berjalan di air, mulailah secara bertahap dengan berjalan selama 10-15 menit, tiga kali seminggu. Tingkatkan durasi dan frekuensi secara bertahap seiring waktu seiring kondisi Anda membaik.

Tip 2: Temukan kedalaman air yang sesuai

Kedalaman air yang ideal untuk berjalan adalah sekitar setinggi pinggang. Ini akan memberikan daya apung yang cukup untuk mengurangi tekanan pada sendi dan otot, sekaligus memberikan tantangan yang cukup untuk meningkatkan kebugaran.

Tip 3: Gunakan teknik yang benar

Saat berjalan di air, ayunkan lengan Anda secara alami dan langkahkan kaki Anda dengan lebar. Jaga agar tubuh Anda tetap tegak dan hindari membungkuk atau membungkuk.

Tip 4: Variasikan latihan Anda

Untuk menjaga latihan Anda menarik dan efektif, variasikan latihan Anda dengan memasukkan aktivitas lain, seperti berlari di tempat, melompat, atau berenang.

Tip 5: Nikmati prosesnya

Berjalan di air harus menjadi aktivitas yang menyenangkan. Nikmati sensasi berada di dalam air dan biarkan tubuh Anda bergerak secara alami. Berjalanlah dengan kecepatan dan intensitas yang sesuai untuk Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat berjalan di air dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Berjalan di air merupakan aktivitas yang sangat baik dengan banyak manfaat kesehatan. Aktivitas ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi nyeri sendi, menurunkan stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat berjalan di air dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Berjalan di air merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Aktivitas ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi nyeri sendi, menurunkan stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Tidak hanya itu, berjalan di air juga merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan, terutama saat cuaca panas.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya, berjalan di air sangat direkomendasikan untuk orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. Aktivitas ini dapat dilakukan di kolam renang, pantai, atau danau. Mulailah secara bertahap dan tingkatkan durasi serta frekuensi seiring waktu untuk memaksimalkan manfaatnya.

Youtube Video:


Bagikan: